Squid Cache Youtube HTML5 : Store-ID dan eCap

Categories: Proxy Squid
11 Comments

Youtube Caching / Squid Cache Youtube dengan Squid Proxy dari dahulu kala sampai sekarang adalah hot topik di forum-forum, pembahasannya seakan tak pernah habisnya.

Youtube caching memang menguras pikiran dan tenaga karna harus terus disesuaikan dengan perkembangan teknologi dari youtube.

Apalagi saat ini youtube sudah menggunakan HTML5 player sebagai standart pemutar videonya.

Kenapa begitu rumit untuk melakukan cache terhadap youtube ?

Agar youtube bisa di cache oleh squid sebenarnya tidak terlalu rumit jika kita sudah memahami tekniknya.

Dalam satu judul video youtube yang di akses oleh user, kontennya akan dipecah kedalam beberapa bagian.

Istilah ini sering disebut konten range atau dash ( pemecahan file video dan audio kedalam beberapa bagian), sedangkan non dash adalah satu video dengan satu konten utuh gabungan audio dan video.

Fungsi youtube melakukan itu adalah agar lebih cepat saat diakses, dan kualitas bisa menyesuikan dengan kondisi bandwidth user.

Selain itu Youtube juga menggunakan Content Network Delivery dan dinamic content, sehingga pemutaran video pertama dan kedua akan menghasilkan url yang berbeda, hal ini yang membuat squid akan menganggap putaran video pertama dan kedua adalah video berbeda, akan tetapi sebenarnya masih video yang sama.

Untuk mengatasi problem tersebut squid cache sudah menyediakan fitur STORE-ID, cara kerjanya adalah merubah input url dinamic menjadi static, dengan mengambil sebagian yang bernilai static dari dalam url dinamik tersebut.

Kira kira dengan penjelasan diatas dah paham kan ?

Kalau masih kurang paham, bisa pilih cara jitu dan instan, dari pada pusing memikirkan logika dan teknis nya 😀 klik menu ORDER diatas, anda akan dilayani dengan senang hati 🙂 🙂 🙂

Baiklah saya tidak bisa membuat cerita panjang lebar, langsung saja masuk ke topik pembasahan yaitu https youtube caching dengan squid.

Tetapi pada artikel ini tidak akan dibahas secara terperinci karena sudah pernah di posting sebelumnya Install Proxy Squid Web Cache Support Youtube dan Facebook.

Namun sebelumnya menggunakan cara deny file base.js dari youtube, cara tersebut dirasa kurang baik karena base.js sering di update dari developer youtube, dan ada juga efek lain yaitu infinity looping.

Youtube Caching dengan eCap

Login ke proxy server sebagai root, dan install paket libcap dan ecap adapter dengan perintah :

Setelah selesai pasang ecap adapter untuk youtube, jika menggunakan ubuntu server gunakan :

jika menggunakan debian

Setelah proses diatas selesai, selanjutnya install paket squid dengan manambahkan opsi pada bagian configure dengan –enable-ecap

jika menggunakan squid.conf seperti pada artikel Install Proxy Squid Web Cache Support Youtube dan Facebook, maka di configuration squid hapus bagian ini :

Dan ganti dengan

Nilai dari variable a adalah resolusi video youtube, bisa diganti dengan pilihan : 1=tiny 2=small 3=medium 4=large 5=HD720

Untuk STORE-ID squid support cache youtube masih sama dengan postingan install squid sebelumnya.

Jika proses instalasi dan configurasi squid sudah selesai, relod ecap adapter dengan perintah ldconfig , dan jalan proxy squid

#PENTING

  • Jika sebelumnya proxy squid sudah pernah digunakan , disarankan untuk menghapus dir cache dan rebuild swap cache, agar libcap dan ecap adapter diatas berjalan dengan baik.
  • Clear history browser, sebelum membuka youtube.com untuk pertama kalinya.
  • Jika masih gagal, jangan menyerah dan coba lagi 🙂

Demo Screnshoot

youtube caching

Demikianlah artikel tentang squid cache youtube terbaru dengan ecap dan helper store-id , teknik ini diperkirakan akan bertahan lama, insyaallah sampai dan sesudah tahun 2018

Semoga artikel squid cache youtube ini bermanfaat bagi kita bersama, dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan menuliskan komentar dibawah artikel ini, jika dirasa bermanfaat bantu share ke sosial media, terima kasih.

11 Comments

Your Thoughts