Cara Setting Mikrotik Indihome Menggunakan GPON Huawei dan ZTE

Categories: MikroTik
No Comments

Setting Mikrotik  indihome menggunakan modem indihome Huawei, atau modem ZTE  pada dasarnya semua  sama , panduan  ini juga bisa diterapkan pada modem speedy ADSL seperti modem tplink, modem dlink atau sejenisnya.

Sebelum dilanjutkan ke tahap cara setting mikrotik indihome sebaiknya pahami terlebih dahulu topologi jaringan dibawah ini :

topologi-mikotik-indihome

 

Jika sudah paham dengan topologi diatas anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu merubah ip modem menjadi 192.168.1.1,

Untuk pengguna Modem Indihome ZTE F660 / F609 maka setting IP Address  menjadi 192.168.1.1, untuk modem merek Huawei setting ip address bisa di sesuaikan.

Setelah IP GPON / modem indihome dirubah seperti gambar diatas, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan Routerbord Mikrotik dan winbox, winbox dapat di download disini

Sambungkan Modem indihome ke mikrotik Routerbord menggunakan Kabel LAN UTP , posisinya di modem indihome pada LAN1 atau LAN2, pokoknya selain LAN4 karna LAN4 biasanya digunakan untuk useTV.

Sedangkan posisi pada mikrotik adalah Port1 (ether1), Selanjutnya pada  Port2 (ether2) Mikrotik sambungkan ke HUB, dan dari Hub sambungkan ke PC , untuk lebih mudahnya dapat anda ikuti seperti gambar topologi diatas.

Langkah selanjutnya setelah semua terhubung sesuai dengan gambar diatas, kita akan mengkonfigurasi Mikrotik agar PC yang kita gunakan bisa terhubung ke internet.

Buka winbox dan login ke Mikrotik, jika Mikrotik anda belum pernah di setting maka usernya adalah admin dan passwordnya kosong.

Namun jika sudah pernah di setting anda terlebih dahulu harus melakukan reset settingan sebelumnya, cara reset mikrotik dapat anda baca di artikel cara reset mikrotik .

Buka winbox dan klik pada tab neighbors, lalu pilih mac address, namun pada beberapa seri Routerbord mikrotik seperti RB850Gx2 harus menggunakan IP address.

Jika ingin login menggunakan ip address anda tinggal klik pada ip address yang muncul di  neighbors Mikrotik, dan lanjutkan dengan klik connect untuk login ke mikrotik.

Setelah login ke mikrotik, jika muncul routeros default configuration , klik Remove default configuration

Dengan mengklik remove configuration, maka winbox anda akan diskonek beberapa saat, dan silahkan login kembali ke mikrotik, seperti langkah di atas.

Setelah berhasil login, buka New terminal di winbox dan copy paste script dibawah ini :

Script Setting Mikrotik Indihome :

Tahap berikutnya adalah kita melakukan pengujian apakah Mikrotik sudah terhubung ke internet atau belum caranya adalah buka netterminal dan ketik ping google.com

Apabila sudah berhasil terhubung maka saat di lakukan ping dari new terminal mikrotik akan ada pesan replay time :

setting mikrotik indihome

jika sudah behasil seperti gambar diatas, maka langkah selanjutnya adalah setting ip address pc seperti gambar dibawah ini :

setting-ip-address

Untuk melakukan pengetesan apakah komputer sudah terhubungi ke internet kita dapat mencoba nya dengan mengetik ping -t google.com di cmd, jika sudah ada tulisan replay from … artinya itu sudah terhubung dengan baik.

ping-mikrotik

Sampai pada tahap ini setting dasar mikrotik untuk indihome sudah selesai.

Agar lebih rapi  untuk settingan ip pc lainnya dapat kita urutkan, misalnya ip pc2 : 192.168.2.12, pc3 192.168.2.13 dan begitu seterusnya.

Pembagian Bandwith dengan Simple Queues  Silahkan copy paste Script dibawah ini ke newterminal Mikrotik:

 

Hasilnya seperti gambar dibawah ini, di Queue – simple queue

cara setting mikrotik

Demikian Panduan cara setting mikrotik dengan menggunakan modem indihome, semoga dapat bermanfaat bagi kita bersama, jika ada pertanyaan silahkan buat di laman komentar bawah artikel ini : terima kasih.

 

 

 

Your Thoughts