Hardware dan Sistem Operasi Untuk Proxy Squid

Categories: Proxy Squid
No Comments

Spesifikasi komputer Proxy squid server dan operating sistem yang bagus sangat di perlukan untuk mendapatkan performance yang baik dari proxy squid.

HADRWARE

Kami coba menejelaskan pemilihan spesifikasi komputer proxy squid server, sebagai berikut :

Prosessor
Prosessor tidak di butuhkan terlalu tinggi dan memiliki banyak core, kecuali ingin menggunakan fitur Multiple instances dan SMP scalability.

Untuk penggunaan biasa dengan bandwidth sedang, bisa mengunakan prosessor dualcore atau sejenis.

Mainbord
Mainbord yang bagus di rekomendasikan menggunakan Socket LGA 1150 atau lebih tinggi, karna chipset lebih tinggi, support sata 6GB/s.

Pilihlah merek-merek mainbord yang terkenal seperti MSI, Asus, Gigabyte, AsRock dll.

Power Suplay dan UPS
Power Suplay (PSU) sangat berpengaruh pada hasil kinerja seluruh komponen komputer yang akan di gunakan.

PSU yang kurang bagus akan menurunkan performa dari komputer itu sendiri, pilihlah power suplay pure.

Untuk menghindari kerusakan yang fatal akibat tengangan listrik tidak stabil atau mati listrik secara tiba-tiba gunakan UPS.

Harddisk/SSD
Harddisk ini sangat menentukan hasil, proxy squid banyak bekerja pada proses baca tulis data ke dalam direktori cache dan log, maka di sarankan untuk menggunakan harddisk dengan RPM tinggi.

RPM berpengaruh terhadap latency (waktu yang diperlukan untuk mencari track) dan data transfer rate (kecepatan pemindahan data).

Hal lain yang perlu di perhatikan saat memilih harddisk adalah interface 6Gb/s atau lebih tinggi, kabel sata juga harus support 6gb, cache dan speed makin tinggi makin semakin bagus.

Sebelum menggunakan harddisk untuk proxy server, sebaiknya di cek terlebih dahulu kesehatan harddisk tersebut, biasa saya menggunakan Hard Disk Sentinel, jika health dan performance sudah tidak 100% sebaiknya jangan digunakan.

Bagaimana jika proxy squid menggunakan 2 Buah Harddisk ?

Proxy squid Menggunakan 2 buah harddisk sangat bagus sekali, harddisk 1 misalnya 500GB untuk Sistem Operasi dan Log squid dan harddisk 2 ukuran 500GB untuk /cache.

Akan tetapi performancenya akan sama jika menggunakan 1 Buah Harddisk dengan ukuran besar, misalnya 1TB atau 2 TB.

Bagaimana jika menggunakan SSD ?

Penggunaan SSD saat ini sangat direkomendasikan, karena proses baca tulis jauh lebih cepat dibandingkan dengan harddisk.

Akan tetapi harus di sesuaikan dengan perangkat lainnya, seperti mainbord dan kabel sata pilih yang support 6gb/s.

Video Perbandingan kecepatan HDD vs SSD

RAM/MEMORI
Proxy squid sangat rakus dalam penggunaan memori untuk mengahasilkan performa yang maksimal, kekurangan memory menyebabkan penurunan kinerja yang drastis.

Memori sangat berguna terutama untuk file ukuran kecil dan hot object, karena akan disimpan terlebih dahulu di memori, sebelum di simpan ke dalam harddisk.

Semakin tinggi memori yang digunakan maka semakin cepat proxy squid dalam bekerja.

SISTEM OPERASI

Proxy squid dapat berjalan hampir di semua jenis sistem operasi, seperti Linux, BDS, Unix, Windows.

Jika Anda memiliki sistem operasi favorit dan menguasainya sebaiknya menggunakan yang itu.

Jika anda mencari rekomendasi yang mudah untuk digunakan, karena pengguna lebih banyak, apabila terjadi troble, solusinya ditemukan dengan mudah pada forum-forum, maka saya pribadi merekomendasikan  Linux/Unix seperti Ubuntu server, Debian, CentOS, dan FreeBSD, Karena sejak awal mulanya squid didesain untuk mesin Linux/Unix.

Untuk mendapatkan hasil kinerja yang maksimal sebaikanya gunakan sistem operaasi 64-bit, karena memeliki kecepatan kerja 2 kali 32 bit.

Perbedaan sistem operasi 32bit dan 64bit bukan hanya pada batasan penggunaan memori, akan tetapi terdapat pada kata “bit” mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0.

Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, artinya prosesor 32-bit dapat memproses 32 digit sekaligus, sedangkan 64-bit dapat memproses 2 x 32 digit sekaligus.

Dari penjelasan di atas, maka kami coba membuat rincian untuk penggunaan proxy squid sebegai berikut :

Spesifikasi Komputer Proxy Squid

  • Proxy Penggunaan Standart
    Sistem Operasi 64 Bit
    Prosessor : Intel Dualcore atau Setara
    Mainbord : LGA 775 atau Setara.
    Memory : 4GB DDR2/DDR3
    Harddisk : 500 GB
    Powersuplay : 400W
  • Proxy Best Performance
    Sistem Operasi 64 Bit
    Prosessor : Intel Dualcore Seri G atau lebih tinggi
    Mainbord : LGA 1150 atau lebih tinggi.
    Memory : 8GB DDR3/DDR4
    Harddisk : 2 TB atau SSD 500GB
    Powersuplay pure : 500W

Spesifikasi komputer proxy squid diatas dapat di tinjau dari penggunaan lalu lintas bandwidth dan waktu penggunaan perhari, bukan dari jumlah user dan banyaknya komputer.

Semakin tinggi jumlah bandwidth dan waktu penggunaan perhari, maka kebutuhan akan semakin tinggi.

Demikianlah artikel pemilihan spesifikasi komputer proxy squid, semoga dapat bermanfaat , jika ada koreksi dan saran mohon tinggalkan komentar dibawah artikel ini.

Your Thoughts