Block Penyebaran Virus Ransomeware Wannacry di MikroTik

Categories: MikroTik
No Comments

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan perlu kecepatan dalam tangani serangan ransomware Wannacry. “Tersebarnya ransomeware ini demikian masif di seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia. Sehingga perlu percepatan untuk penangannya, hitungannya bukan hari tapi menit.” ungkap Rudiantara pada Konferensi Pers Serangan Ransomeware Wannacry, di Bakoel Koffie Jakarta, Minggu (14/5/2017).

Saat ini banyak enjiner dunia mencoba mencari cara selesaikan serangan ini dengan membuat antivirus dimana hitungan versi nya bisa dalam hitungan menit. “Serangan ransomeware ini menjadi isu global, sehingga penyelesaiannya juga secara internasional. Indonesia bukan menjadi negara terbesar yang terkena serangan.” jelas Chief RA.

Serangan siber yang menyerang Indonesia berjenis ransomware. Ransomware adalah sebuah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Tahun ini sebuah jenis ransomware baru telah muncul dan diperkirakan bisa memakan banyak korban. Ransomware baru ini disebut Wannacry. Wannacry ransomware mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB (Server Message Block) yang dijalankan di komputer tersebut. Saat ini diduga serangan Wannacry sudah memakan banyak korban ke berbagai negara.

Jika telah terkena malware ini, maka penyerang akan meminta uang dalam bentuk bitcoin yang harus dibayarkan melalui link yang telah ditentukan. Kisaran uang yang dibayar sekitar 300 Dolar Amerika.”

Langkah Antisipasi Pencegahan Serangan Ransomware WannaCry di mikrotik dapat menggunakan Script dibawah ini untuk melakukan pemblokiran terhadap penyebarannya.

Copy paste di new terminal Mikrotik

 

Your Thoughts